Jumat, 06 Oktober 2017

Perjalanan menuju Batukasur, Leles

"Salah satu jalan yang akan dilalui menuju ke Leles"
Seperti yang dijelaskan sebelumnyaa bahwa SMKN 1 Leles terletak di Kabupaten Cianjur bagian selatan yang punya jarak tempuh yang lumayan jauh antara kota hingga lokasi sekitar 100km-an (bisa lebih bisa kurang). Dengan waktu tempuh menggunakan angkutan umum sekitar 5 jam perjalan tetapi akan lebih cepat jika menggunakan kendaraan pribadi terutama motor karena hanya menghabiskan waktu 2-3 jam perjalanan. Adapaun perbedaan waktu tersebut dikarenakan rute yang akan dilalui berkelok dengan ruas jalan yang tidak terlalu luas. 

Saya akan jelaskan perjalan ini terhitung dari Provinsi Lampung s.d SMKN 1 Leles dengan mode angkutan umum + dengan biaya perjalanannya (*mengalami perubahan sesuai kenaikan harga angkutan).

A. Dari Kota Bandar ↶Lampung  menuju pelabuhan Bakauheni 
"Terminal Raja Basa, Bandar Lampung"
"Tampak atas pelabuhan bakauheni dengan view menara siger "
 Untuk menuju bakauheni ada beberapa pilihan alternatif :
1. Menggunakan bus umum
Bus umum bisa di dapat di terminal rajabasa atau jalan sepanjang by pass rute Bandar Lampung - Bakauheni dengan biaya Rp. 17.500,- (*Dapat berubah). Waktu yang diperlukan relatif lebih lama 4-5 jam perjalanan.

2. Menggunakan jasa travel mobil
Bisa didpat di sepanjang area by pass (*saya biasayan naik di panjang) atau via jasa travel di jemput di lokasi. Adapun biaya perjalanan antara Rp 50.000 -  Rp 75.000, (*dapat berubah). Dengan lama perjalanan selama 2 jam .

B. Pelabuhan Bakauheni - Pelabuhan Merak
"Pelabuhan Merak"


Sesampainya di pelabuhan bakauheni , kita langsung menuju pembelian tiket penumpang . Siapkan uang Rp 11.500,- (*dapat berubah) + ktp untuk pengecekan data penumpang. Perjalanan laut ini menghabiskan waktu 2 jam perjalanan. Dalam perjalanan tersebut rekan-rekan bisa menghabiskan perjalanan dengan menyewa tempat lesehan atau sekedar menonton film di ruang bisnis tergantung jenis kapalnya. Jika beruntung kita akan mendapatkan kapal dengan fasilitas gratis.


C. Pelabuhan Merak – Cianjur

"Terminal di Cianjur"
Setelah menempuh perjalanan laut, kita dapat langsung  menuju terminal merak untuk melakukan perjalanan selanjutnya. Di terminal sudah menunggu puluhan bus dengan rute nya masing-masing. Untuk sampai ke CIanjur terdapat 2 pilihan alternative bus yang bisa dinaiki :
1.       Bus Merak – Jakarta – Cianjur
2.       Bus merak – Cianjur
Kalau saya pribadi merekomendasikan bus yang dipakai adalah alternative bus nomor 1. Dikarenakan factor kenyamanan dan lainnya.
Pengalaman pribadi menggunakan alternative bus nomor 2 , banyak kejadian tidak menyenangkan dari pengamen yang memaksa, calo yang seperti preman, pencopet dll.
Waktu perjalan dari ke dua alternative tersebut relative sama 6-8 jam tergantung macet atau tidaknya dengan biaya  yang juga relative sama terakhir saya menggunakan bus untuk sampai ke cianjur sekitar Rp 59.000,- .

D. Cianjur – batukasur, Leles
"Angkutan menuju batukasur, Leles #Ilustrasi"
Setelah menempuh perjalanan cukup panjang sampailah kita di cianjur. Terminal yang kita jumpai adalah terminal Jebrod atau pasir hayam. Setelah sampai di Cianjur kita akan jumpai masyarakat yang ramah. Bahkan di terminal sekalipun yang terpenting harus tetap waspada hehe. Tapi calm aja, orang Cianjur meni ramah-ramah pisan hehe.
Sesampai di terminal jebrod, cianjur . Perjalanan selanjutnya menuju batukasur dengan mode angkutan desa yang masyarakat sana sering menyebutnya “elp” menunjukkan mobil L300. Adapun perjalanan ditempuh dalam waktu 5 jam dengan biaya Rp 50.000,- (*dapat berubah).  Kita akan diantar pas depan sekolah SMKN 1 Leles. 😊




Demikianlah sekelumit rute perjalanan dari Lampung menuju Batukasur , Leles Kabupaten Cianjur. Berikut tabel rincian perjalanan:
No.
Rute
Mode Transportasi
Biaya
Lama Perjalanan
Keterangan
1.
Bandar Lampung -  Pelabuhan Bakauheni
bus
Rp 17.500
4 jam
Biaya dapat berubah
2.
Pelabuhan Bakauheni - Merak
Kapal Feri
Rp 11.500
2 jam
Biaya dapat berubah
3.
Merak - Cianjur
Bus
Rp 55.000
8 jam
Biaya dapat berubah
4.
Cianjur - Leles
Elp
Rp 50.000
5 jam
Biaya dapat berubah

TOTAL

Rp 134.000,-
19 jam




"Keluarga Besar SMKN 1 Leles"

0 komentar

Posting Komentar